Flying Bayu


Kehilangan keluarga yang sangat kita sayangi ternyata rasanya perih sekali. Gw pernah kehilangan kakek, nenek, om, pakde, ponakan, dll. Tapi rasanya ngga seperih kehilangan Bayu.

Gw kehilangan Bayu, sepupu gw yang paling gw sayangi, beberapa bulan lalu. Bayu dipanggil keharibaan Tuhan Yang Maha Welas Asih karena penyakit kronisnya yang baru diketahui 6 bulan sebelum hari kematiannya.

Rasanya saat inipun gw masih merasa dia baik-baik aja. Karena otak gw masih memvisualisasikan kondisi Bayu seperti kondisi terakhir kali gw ngeliat dia: Sehat, ceria, penuh tawa dan keriangan. Gw masih inget kok, terakhir kali kami chat adalah sewaktu dia nanya kabar gw yang lagi sakit. Waktu itu gw masuk UGD gara-gara masalah perut, lambung dan sekitarnya.

“Gw ngga puasa kok sebulan ini, rum. Gw masih konsumsi obat juga kan. Jadi soal itung-itungan puasa, lo ngga perlu ngerasa defeated. Paling nggak, lo masih ada puasanya dikit lah, walau cuma 6 hari..”

Itu kalimat terakhir Bayu di chat. Sampe akhirnya dia harus masuk RS untuk yang terakhir kalinya dan nggak ketemu gw lagi. Ngga chattingan sama gw lagi untuk selamanya.

Saat dikabari kondisinya yang semakin kritis, gw seperti hampa. Ada mosi tidak percaya yang pingin gw ungkapkan secara keras kepada orang-orang pembawa berita itu. Gw jadi sangat emosional saat gw tau semua orang tampak udah hilang harapan ke Bayu. Gw benci sikap semua orang yang kayak gitu. Betul-betul benci!

“Bayu is fine! He’s going to be allright!!” Kata gw setengah teriak pada gagang ponsel. Diujung sana adalah mbak Dian, kakak kandung Bayu, yang juga punya hubungan yang dekat dengan gw (Well, kami bertiga mostly dari SD sampai SMP menghabiskan tiap weekend bersama, never aparted).

“….”. Gw nggak denger jawaban apa-apa kecuali isakan tangis mbak Dian. Gw berusaha menajamkan pendengaran gw sekali lagi. “Rum, ikhlasin Bayu ya, rum.. Dia manggil-manggil lo terus. Gw harap lo bisa ikhlas.. Tolong jangan bebanin Bayu.. Kasian..”

Seketika itu gw lunglai. Begitu banyak mimpi gw dan Bayu yang belum direalisasikan. Awalnya gw memaksa. Sungguh dalam hati, gw memaksa agar Bayu mampu kuat bertahan sampai gw pulang. Tapi takdir berkehendak lain. He’s gone before I can stare his bold and black eyes. Alive.

Di rumah duka, gw benci tatapan orang-orang itu, yang memandangi gw dengan tatapan iba. Gw yakin saat itu wajah gw sekaku manekin toko. Dingin, palsu dan kaku.

Gw nggak percaya. Bayu is like my own sibling. He’s my little brother that I never had. Gw masih nggak percaya. Gw kunyah geraham gw sendiri. Gw genggam jemari gw rapat-rapat.

“I have to face this!” Bathin gw.

Sampe akhirnya tepat sebelum gw sampai di ruang tamu tempat Bayu telah terbujur kaku dan terbalut kain kafan putih, mata gw terbentur oleh sosok mirip Bayu, dia menghalangi jalan gw, berperawakan lebih gendut, beruban, serta memandangi gw lembut lewat tatapan teduhnya.

Gw memandangi pakde gw itu tanpa ekspresi, beliau ayahnya Bayu. Pakde gw tau seberapa dekat gw sama Bayu, serta seberapa gila mimpi-mimpi yang ingin gw dan Bayu wujudkan sama-sama. Langkah gw terhenti. Mata gw panas. Dada gw terasa sempit dan sakit.

Saat itu gw pengen bilang sama Pakde gw, “Semua ini mimpi kan, Pakde? Aku cuma dikerjain aja kan sama kalian??”. Tapi ngga ada satupun kata keluar.

Diujung sana, Pakde gw tersenyum, ngga ada air mata dipipinya. Pakde gw tau semua galau yang berkecamuk di dada gw. Marah, perih, sesak, penat, dan hampir pecah. At the contrary, wajah pakde gw bersih dan tenang sekali. Beliau berjalan pelan ke arah gw. Dan seketika itupun tanpa sadar gw histeris dipelukan Pakde gw.

————————-

Selalu ada yang nyeri saat gw memandangi jingga langit diatas pesawat. Entahlah, semenjak kepergian bayu, gw selalu memilih terbang saat langit berwarna jingga: sebelum maghrib, ataupun setelah subuh.

Bayu menjelma jingga buat gw. Diatas ketinggian ini, gw merasa lebih dekat sama Bayu. Hampir 3 bulan sejak kematian Bayu, gw belum bisa mengontrol emosi dan air mata gw saat bertemu jingga. Ah, rasa kehilangan tak pernah berubah. Warnanya masih sama. Jingga.

Beberapa tahun belakangan, gw n Bayu punya hobi sama, fotografi. Kami kemana-mana nggak pernah lupa bawa kamera. He’s on his Nikon, and I’m on my Canon. Once, Bayu pernah meminta gw ganti pakai Nikon, alasannya sederhana, supaya gw bisa ngajarin dia. Gw berjanji, tapi janji itu belum kesampaian.

I miss him lately. I always remembered him on every click that I made on my camera. Every shutter that shreded. Every clutch that I step. Every dawn, every twillight, every golden hours that I see. It reminds me of him. Gw merasakan nyeri yang amat sangat setiap kali gw menyentuh kamera gw.

God, I miss him.

But I know, Allah sayang sama gw, Keabsenan gw disaat terakhir Bayu mungkin dimaksutkan agar gw mengingat Bayu seperti kondisi terakhir yang gw lihat: ceria, sehat dan nggak sakit. Allah tau, mungkin hati gw terlalu fragile untuk ngeliat perjuangan terakhir Bayu.

Gw tau persis, Allah sayaaaaang juga sama Bayu. Makanya semua penderitaan dia ini dihentikan lewat cara seperti ini. Ini memang jalan paling baik buat semua. Dan Insya Allah, gw ikhlas.[]

Lord, plese keep him safe in your brace. Please tell him, that I’m sorry that I can’t be there by the time he needed me and called my name. Please tell him, that I love him and I miss him.
This entry was posted in Cerita Gw. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>